Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Minggu, 02 September 2012

Anggrek Kantung Kolopaking (Paphiopedilum kolopakingii)


Anggrek Kantung Kolopaking (Paphiopedilum kolopakingii)


Anggrek Kantong Kolopaking (Paphiopedilum kolopakingii) termasuk salah satu jenis anggrek langka yang indah yang juga merupakan tumbuhan endemik Kalimantan Tengah. Meskipun tidak termasuk dalam daftar merah IUCN Redlist tetapi tumbuhan langka ini justru termasuk dalam daftar CITES Apendiks I.


Nama latin tumbuhan ini adalah Paphiopedilum kolopakingii Fowlie yang bersinonim dengan Paphiopedilum topper Braem & Mohr. Di Indonesia, jenis anggrek langka ini mendapatkan nama "Anggrek Kantung Kolopaking".


Deskripsi & Ciri. Anggrek Kantung Kolopaking (Paphiopedilum kolopakingii) memiliki daun berwarna hijau tua, berbentuk pita dengan ujung membulat dengan panjang antara 20 - 80 cm dan lebar antara 5 - 12 cm.


Perbungaan Anggrek Kantung Kolopaking mempunyai panjang 45 - 90 cm dengan 5 - 19 kuntum bunga. Tangkai perbungaan berwarna hijau kekuningan. Bunganya berukuran 8 - 16 cm dengan kelopak putih yang terdapat garis-garis cokelat kemerahan / cokelat tua pada uratnya.


Bunga Anggrek Paphiopedilum kolopakingii hidup di habitat yang berupa batuan berlumut di tepi tempat-tempat berair pada daerah berketinggian antara 600 - 1100 m dpl. Persebarannya hanya terbatas di daerah Kalimantan Tengah.


Pada tahun 1994 Anggrek Kantung Kolopaking pernah terdaftar dalam IUCN Redlist dalam status endagered. Namun saat ini anggrek yang langka ini dievaluasi sebagai spesies yang aman dari kepunahan. Meskipun demikian, CITES tetap memasukkan anggrek bernama latin Paphiopedilum kolopakingii dalam daftar CITES Apendiks I yang berarti kelestarian tumbuhan ini dianggap masih sangat terancam sehingga tidak boleh diperdagangkan dalam bentuk apapun.


Kelestarian tumbuhan langka ini terancam oleh laju deforestasi hutan, kebakaran hutan, perburuan dan perdagangan ilegal. Sungguh amat disayangkan anggrek secantik ini akhirnya punah.


Klasifikasi Ilmiah : Kerajaan : Plantae; Divisi : Magnoliophyta; Kelas : Liliopsida; Ordo : Asparagales; Famili : Orchidaceae; Genus : Paphiopedilum; Spesies : Paphiopedilum kolopakingii.

3 komentar:

  1. selamat dan bahagiaada anggrekcantik bernaman kolopaking bererti Indonesia punya... selamat...

    BalasHapus
  2. Anggrek Kantung Kolopakingangat indah unik dan membuat kita harus berbangga atas karunia keindahan dan keunikan ini...tks artikelnya mbantu saya untukbenyak mengenal kolopaking

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...