Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Selasa, 14 Mei 2013

Tips Merawat Anggrek Agar Rajin Berbunga

Tips Merawat Anggrek
Agar Rajin Berbunga


Anggrek merupakan tumbuhan yang dianggap sebagai tumbuhan "kelas atas". Anggrek memiliki bunga yang sangat indah, berwarna-warni, serta memiliki bentuk yang sangat beragam. Merawat anggrek itu gampang-gampang susah & diperlukan pengalaman serta kedisiplinan. Untuk menciptakan anggrek yang rajin berbunga, diperlukan juga unsur kasih sayang dari pemeliharanya.


Faktor-faktor yang dapat diperhatikan agar anggrek rajin berbunga adalah sebagai berikut.

  • Rumah Lindung yang Sesuai. Anggrek harus diletakkan dalam rumah lindung yang intensitas cahayanya 50%-70%, maka atap dari rumah lindung tersebut harus diberi paranet.

  • Penyusunan Anggrek. Anggrek agar rajin berbunga harus diperhatikan penyusunan tanamannya. Sebaiknya, penyusunan rak-rak anggrek diletakkan datar dengan ketinggian 1 meter & jangan diletakkan berjenjang karena akan menggangu sirkulasi udara.
  • Kelembaban Udara. Agar anggrek rajin berbunga diperlukan kelembaban antara 60%-80%. Agar kelembaban tetap terjaga, di bawah rak dapat dibuat kolam, atau membuat kabut dalam rumah lindung dengan cara pemasangan sprinkle.



  • Media Tanam. Media tanam yang ideal untuk membuat anggrek agar rajin berbunga adalah tersusun 2 bagian. 1/3 bagian bawah media tanam diisi dengan potongan batu bata & 2/3 sisanya menggunakan pakis.
  • Konstruksi Pot. Pot juga mempengaruhi tumbuhan anggrek agar rajin berbunga. Idealnya, pot yang dipakai adalah pot yang terbuat dari tanah liat & banyak lubangnya.

  • Penyiraman. Agar anggrek rajin berbunga sangat perlu diperhatikan masalah kandungan air dari medianya. Jika cuaca panas diperlukan penyiraman 2 kali & jika cuaca hujan tidak perlu dilakukan penyiraman. Waktu penyiraman yang ideal adalah jam 07.00-09.00 pada pagi hari & jam 03.00-05.00 pada sore hari.

  • Pemupukan. Kunci utama pemupukan agar anggrek rajin berbunga adalah pemberian pupuk dengan kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan bisa diberikan melalui penyemprotan atau pun penyiraman, bisa juga menggunakan pupuk slow rilis yang ditaburkan pada media tanam.

  • Pemberian ZPT / Hormon. Untuk membuat anggrek rajin berbunga kadang perlu juga diberikan ZPT / Hormon. ZPT / Hormon yang biasa digunakan untuk memacu pembungaan anggrek adalah Giberelin. Bisa juga dengan menggunakan air kelapa dengan konsentrasi 15% (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter).
  • Pengendalian Hama & Penyakit. Seperti tumbuhan lain, anggrek juga tak luput dari serangan hama & penyakit. Pengamatan setiap hari adalah cara paling tepat untuk mencegah serangan hama & penyakit tumbuhan anggrek. Untuk membuat anggrek rajin berbunga, anggrek tersebut harus dibersihkan dari kotoran, gulma, & sampah dedaunan. Contoh penggunaan pestisida pada tumbuhan anggrek yaitu penggunaan insektisida bagi anggrek yang terkena serangan hama serangga, penggunaan fungisida bagi anggrek yang terkena serangan jamur, & penggunaan bakterisida bagi anggrek yang terkena serangan bakteri.



Sekian artikel yang saya posting hari ini. Semoga artikel yang saya posting dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...