Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Minggu, 24 Maret 2013

Bahan Aktif dalam Obat Nyamuk

Bahan Aktif dalam
Obat Nyamuk


Saat ini terdapat begitu banyak pilihan obat nyamuk yang ada di pasaran. Misalnya, berbentuk semprot, bakar, oles, maupun elektrik. Khasiat semua obat nyamuk adalah mengusir & membunuh nyamuk. Yang membedakan hanyalah pada kemasan & kadar konsentrasi bahan aktif/zat racunnya.


Obat nyamuk berbahaya untuk manusia karena kandungan bahan aktif yang termasuk golongan organofosfat. Bahan aktif ini adalah Dimethyl Dichlorovynil Phosphate (DDVP), Propoxur (Carbamat), & Diethyltoluamide, yang merupakan jenis insektisida pembunuh serangga. Selain itu, umumnya produk obat nyamuk juga memiliki zat tambahan tertentu seperti pewarna, pengawet, serta pewangi. Bahan-bahan tambahan, seperti zat aditif yang terdapat dalam obat nyamuk juga dapat merugikan kesehatan.


Kandungan racun berbahaya dalam obat nyamuk tergantung pada kadar konsentrasi racun & jumlah pemakaiannya. Misalnya, kadar konsentrasi bahan aktif obat nyamuk semprot yang rendah dapat bertambah banyak jika disemprotkan berulang kali. Risiko terbesar terdapat pada obat nyamuk bakar akibat asapnya yang dapat terhirup. Sedangkan obat nyamuk semprot cair memiliki konsentrasi berbeda, karena cairan yang dikeluarkan ini akan diubah menjadi gas. Berarti, dosisnya lebih rendah. Sementara obat nyamuk elektrik lebih rendah lagi, karena bekerja bukan dengan cara mengeluarkan asap tetapi dengan daya elektrik. Makin rendah dosis bahan zat aktif, makin sedikit pula bau yang ditimbulkan. Sekaligus, makin minim pula kemungkinan mengganggu kenyamanan manusia. Umumnya, bahan aktif yang dipakai pada obat nyamuk adalah yang cepat terurai dan berdaya racun tinggi, dalam arti mematikan nyamuk dengan cepat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...