Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Kamis, 16 Mei 2013

Eucalyptus Deglupta, Si Pohon Pelangi

Eucalyptus Deglupta,
Si Pohon Pelangi


Alam selalu berhasil menghadirkan kekaguman bagi insannya. Banyak hal menakjubkan yang sampai membuat kita terheran-heran. Salah satu contohnya yaitu keunikan pohon Eucalyptus Deglupta. Eucalyptus Deglupta adalah pohon tinggi yang memiliki banyak sebutan, seperti "Pohon Pelangi", "Rainbow Eucalyptus", "Mindanao Gum", & "Raibow Gum". Pohon ini adalah satu-satunya spesies Eucalyptus yang ditemukan secara alami di belahan bumi utara. Penyebaran alaminya meliputi Britania Raya, Papua Nugini, Pulau Seram, Pulau Sulawesi, & Mindanao (Filipina).


Jika kita melihat secara sepintas, pohon ini tampak seperti di cat. Padahal warna ini sebenarnya memang murni berasal dari proses alami. Warna-warni pada pohon ini muncul akibat getah pohon yang menetas dan mengenai kulit pohon di bagian lain yang membentuk sebuah lapisan warna. Pada tetesan getah pertama, warna yang akan muncul adalah warna biru, kemudian perlahan warna tetesan getah tersebut berubah menjadi jingga, ungu, & merah marun. Karena proses ini bergiliran secara teratur, maka pohon ini akan menampilkan koleksi dari semua warnanya sekaligus. Selain itu, hal tersebut akan memberikan efek kalaidoskopik, dimana setiap lapisan warna memberikan informasi kapan lapisan warna tersebut muncul.


Pohon pelangi dapat dibudidayakan sebagai tanaman hias. Pohon ini biasanya ditanam pada daerah tropis & subtropis di kebun maupun taman. Sebenarnya pohon pelangi ini satu keluarga dengan pohon kayu putih. Namun, pohon pelangi tidak menghasilkan minyak kayu putih seperti pohon kayu putih pada umumnya. Pohon ini memiliki manfaat yang tak kalah penting , karena pohon pelangi ini menghasilkan bubur kayu yang sangat penting dalam proses pembuatan kertas.


Sekian artikel yang saya posting untuk hari ini. Semoga artikel yang saya posting dapat bermanfaat bagi kita semua & mohon maaf apabila ada kesalahan-kesalahan. Terima Kasih.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...