Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Minggu, 02 Juni 2013

Abiu, Sawo Australia

Abiu,
Sawo Australia


Abiu, atau yang memiliki nama asli Pouteria Caimito, adalah pohon buah tropis yang berasal dari wilayah Amazon, Amerika Selatan. Pohon ini akan tumbuh rata-rata mencapai 10 meter (33 kaki). Bentuk buahnya bervariasi dari bulat ke oval dengan ujungnya yang sedikit mengerucut, memiliki ukuran panjang 6-12 cm & memiliki bobot 150-500 gram/buah. Ketika matang, buah ini memiliki kulit berwarna kuning cerah & akan memiliki 1-4 biji berbentuk bulat telur. Bagian dalam buah ini agak bening & berwarna putih, memiliki tekstur lembut seperti jelly, & rasanya mirip dengan sawo, manis seperti puding karamel. Pohon ini adalah bagian dari keluarga Sapotaceae & penampilannya sangat mirip dengan Pohon Canistel. 


Buah ini memiliki beberapa nama khas di masing-masing negara produksi. Di Trinidad, Abiu memiliki nama khas "Yellow Star Apple" / "Caimitt", di Kolombia dikenal dengan sebutan "Camio", "Caimito Amarillo", / "Madura Verde", di Ekuador disebut dengan "Luma" / "Cauje", sedangkan di Venezuela dikenal sebagai "Temare". Nama khas lainnya adalah "Abio", & "Abieiro" di Portugal.


Abiu memiliki beberapa periode berbunga dalam setahun, dengan potensi yang baik untuk berbunga & berbuah pada pohon dalam satu waktu. Waktu pengembangan dari bunga hingga menjadi buah yang matang memerlukan waktu mencapai sekitar 3 bulan. Musim tanam Abiu bervariasi sesuai dengan iklim daerah tersebut. Dalam 1 kali panen, Abiu dapat menghasilkan 100-1.000 buah/1 kali panen.


Selain dapat dimakan secara langsung, Abiu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat, karena banyak mengandung Vitamin A, B3, C, serta kaya akan kalori & serat. Di Brazil, orang sering menggunakan buah Abiu untuk meredakan batuk, bronkitis, & penyakit paru-paru lainnya. Masyarakat lain juga memanfaatkannya seperti untuk obat anti-anemia & anti-inflamasi serta untuk meringankan penderita demam & diare. Getah Abiu dapat berkhasiat sebagai obat cacing, obat pencahar, & untuk menyembuhkan luka bengkak.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...