Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Sabtu, 28 Juli 2012

Penyakit "Kelelawar"


Penyakit "Kelelawar"


Tidur adalah salah satu cara menghilangkan rasa lelah setelah melakukan aktifitas dan tidur juga salah satu kegiatan pokok manusia selama 12 jam atau lebih. Tapi bagaimana jika seseorang memiliki penyakit (syndrome) susah tidur atau yang biasa disebut Insomnia ? Lalu bagaimana pencegahan dan akibatnya ? Dan tentunya penyakit "kelelawar" ini biasanya dialami oleh kalangan remaja labil zaman sekarang.


Secara umum manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sepertiga waktu hidupnya, atau sekitar 6 - 8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental. Tetapi bagaimana jika orang tersebut mengalami Insomnia ? Dalam Buku Psikologi Abnormal oleh G. C. Davidson dan kawan-kawan pada tahun 2000, penderita penyakit Insomnia bisa dijelaskan sebagai berikut :

  1. Sukar untuk memulai tidur dan lama tidak bisa memejamkan mata.
  2. Mudah tertidur tetapi bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali.
  3. Sering terbangun di tengah malam sehingga sering mengantuk di siang hari.


Penyebab umum yang terjadi biasanya dikarenakan oleh stres di rumah atau di sekolah, perubahan pola hidup (misalnya pindah rumah), lingkungan yang ramai sehingga tidak memungkinkan untuk tidur, cemas atau depresi, dan lain-lain. Cara mengatasi penyakit Insomnia terbilang cukup mudah. Antara lain :

  1. Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam.
  2. Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruangan sesuai kehendak.
  3. Jangan memikirkan masalah kehidupan sehari-hari, sisihkan masalah anda.
  4. Hindari minuman kopi, alkohol, atau merokok sebelum tidur.
  5. Jika masih tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan mencemaskannya. Bangun untuk membaca buku, mendengarkan musk lembut, minum susu hangat, dan kemudian coba tidur kembali.
  6. Jika berlangsung setiap malam dan mengganggu aktivitas sehari-hari hubungi dokter.


Biasanya akibat dari syndrome ini adalah penyakit anemia (kekurangan darah), maka dari itu biasakanlah tidur sesuai waktu dan kebutuhannya agar tidak mengganggu aktivitas lainnya dan jangan jadikan penyakit "kelelawar" ini sebagai hobi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...