Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Selasa, 31 Juli 2012

Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Semangka


Manfaat Kesehatan
Mengkonsumsi Semangka


Semangka (Citrullus lanatus) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan kuat, selain itu semangka juga kaya akan vitamin C dan A. Semangka terdiri dari 92% air, jadi sangat baik juga untuk mengurangi resiko dehidrasi, apalagi pada saat cuaca panas.


Buah manis yang kaya akan air ini sangat gampang ditemui dan dapat diolah menjadi apa saja, mau dimakan langsung boleh, atau dijus juga bisa. Manfaat kesehatan buah semangka juga banyak, yaitu sebagai berikut :


  1. Seperti yang sudah dikatakan di atas, Semangka merupakan antioksidan yang kuat, antioksidan akan menetralisir radikal-radikal bebas yang berada pada tubuh.
  2. Semangka sumber vitamin C dan A yang baik, apalagi kandungan betakarotennya.
  3. Warna merah pada Semangka dan buah-buahan lainnya menunjukan bahwa semangka mengandung likopen. 
  4. Fakta mengatakan bahwa konsentrasi likopen pada semangka lebih tinggi dibandingkan dengan buah atau sayuran lainnya. Likopen dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.
  5. Semangka adalah buah yang kaya elektrolit natrium dan kalium,  sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh sehabis berolahraga.
  6. Semangka mengandung vitamin B yang diperlukan untuk memproduksi energi. Para ahli mengatakan bahwa semangka merupakan sumber Vitamin B6, B1, dan magnesium. lainnya.
  7. Semangka memiliki efek pendinginan khusus dan  mengandung citrulline dalam jumlah tinggi. Citrulline adalah sejenis asam amino yang dibutuhkan tubuh kita untuk membuat asam amino lainnya yang disebut arginin. Arginin digunakan tubuh pada siklus urea untuk membuang amonia dari tubuh.
  8. Antioksidan membantu mengurangi gejala asma, juga mengurangi resiko terkena kanker usus besar, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kanker prostat.
  9. Semangka tidak mengandung lemak, tetapi membantu proses produksi energi dalam tubuh. Hal ini melindungi kita terhadap degenerasi makula.
  10. Semangka merupakan sumber thiamin, kalium dan magnesium yang dapat melindungi tubuh kita dari begitu banyak penyakit.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...