Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Rabu, 27 Februari 2013

ISPA, Ketahui & Waspadailah

ISPA, Ketahui & Waspadailah


Sering kita mendengar berita terjadinya kebakaran hutan di Kalimantan & Sumatra yang menghasilkan asap tebal. Asap tersebut menutupi pemukiman penduduk di sekitar lokasi kebakaran sehingga mengganggu aktivitas penduduk & dapat mengancam penduduk terkena ISPA. Untuk menghindari ISPA penduduk menggunakan masker yang dibagikan secara gratis & mengurangi aktivitas di luar rumah. Bahkan bayi & anak-anak diungsikan jika kondisi asap semakin tebal sehingga kemungkinan terkena ISPA sangat besar. Sebenarnya apakah ISPA itu? Apakah ISPA termasuk penyakit berbahaya?


ISPA sering disalahartikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas. Yang benar ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPA adalah infeksi saluran pernapasan yang berlangsung selama 14 hari. ISPA meliputi saluran pernapasan bagian atas & bagian bawah (hidung, tenggorokan, paru-paru), beserta organ-organ di sekitarnya seperti sinus, ruang telinga tengah, & selaput paru-paru. Sebagian besar dari infeksi saluran pernapasan hanya bersifat ringan seperti batuk pilek & tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Namun, pada anak yang menderita pneumonia, bila infeksi paru ini tidak diobati dengan antibiotik dapat mengakibatkan kematian. Infeksi saluran pernapasan bagian atas terutama yang disebabkan oleh virus, sering terjadi pada bulan-bulan musim dingin.


ISPA dapat ditularkan melalui air ludah, darah, bersin, & udara pernapasan yang masih mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat. ISPA masih merupakan masalah kesehatan yang penting, karena menyebabkan kematian bayi & balita yang cukup tinggi yaitu kira-kira 1 dari 4 kematian yang terjadi. Setiap anak diperkirakan mengalami 3-6 episode ISPA setiap tahunnya. 40%-60% dari kunjungan ke puskesmas menyebabkan seseorang menderita penyakit ISPA. Dan seluruh kematian anak & balita, yang disebabkan oleh ISPA mencakup 20%-30%. Kematian yang terbesar adalah karena pneumonia yang terjadi pada bayi berumur kurang dari 2 bulan.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...