Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

**Music**

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Selasa, 07 Agustus 2012

Pelangi


Pelangi


A.Proses Terjadinya Pelangi


Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya. Ketika dibiaskan, cahaya akan berubah arah. Biasanya pembelokan ini terjadi ketika cahaya pindah dari medium satu ke medium yang lain. Hal ini terjadi karena cahaya bergerak dengan kecepatan berbeda dalam medium berlainan.
Ketika memasuki prisma kaca, cahaya akan dibelokkan. Begitu juga jika cahaya keluar dari prisma. Selain membiaskan cahaya, prisma memisahkan cahaya putih menjadi komponen warnanya. Warna cahaya yang berlainan ini berbeda frekuensinya, sehingga memiliki kecepatan tempuh berbeda ketika memasuki suatu zat.


Cahaya yang kecepatannya rendah, di dalam kaca akan dibelokkan lebih tajam ketika pindah dari udara ke kaca, karena perbedaan kecepatannya berlainan. Tak mengherankan jika komponen yang membentuk cahaya putih dipisahkan berdasarkan frekuensinya ketika melalui kaca. Pada prisma, cahaya akan dibelokkan dua kali, yaitu ketika masuk dan keluar, sehingga penyebaran cahaya terjadi.
Tetesan air hujan dapat membiaskan da menyebarkan cahaya mirip sebuah prisma. Dalam kondisi yang tepat, pembiasan cahaya ini membentuk pelangi.


B.Warna Pelangi


Berapa sebenarnya jumlah warna pelangi dan apa saja warnanya ? Secara sederhana, pelangi terdiri dari tujuh warna dengan urutan rumus "mejikuhibiniu", yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila (indigo), dan ungu. Namun, apakah benar pelangi hanya terdiri dari tujuh warna tersebut ?


Sebelum membahas soal pelangi yang berwarna-warni itu, lebih baik kita awali dulu dengan membahas soal cahaya dan warna. Pada dasarnya, cahaya adalah gelombang elektromagnetik, sama seperti gelombang yang mengantarkan siaran radio dan televisi. Bedanya, gelombang cahaya berada pada rentang frekuensi yang memungkinkan untuk dilihat oleh mata manusia. Gelombang cahaya memiliki rentang frekuensi yang sangat tinggi, mulai dari 5 x 10 pangkat 14 hingga 7,5 x 10 pangkat 14 Hz (Hertz), dengan panjang gelombang antara 400 hingga 700 nm (nanometer).
Setiap frekuensi yang berbeda dari cahaya kasat mata, akan tertangkap oleh mata kita sebagai warna yang berbeda pula. Gelombang terpanjang kita lihat sebagai warna merah tua, dengan panjang gelombang sekitar 700 nm, sementara gelombang terpendek yang bisa dilihat oleh mata adalah warna ungu dengan panjang gelombang sekitar 400 nm. Sekitar di atas gelombang warna merah, disebut dengan gelombang inframerah, sementara di bawah gelombang warna ungu, ada gelombang ultra ungu (ultraviolet).


Perhatikan bahwa hitam dan putih sebenarnya bukan warna. Benda yang kita lihat berwarna hitam sebenarnya menyerap pancaran radiasi yang mengenainya, sedangkan yang kita lihat sebagai cahaya putih adalah campuran dari semua warna pada rentang spektrum yang kasat mata.


Saat cahaya matahari menembus titik-titik air di udara sehingga membentuk apa yang kita sebut sebagai pelangi itu, ia lantas terurai menjadi warna-warna penyusunnya. Tentu saja, jumlah warnanya tidak cuma tujuh.
Susunan tujuh warna pelangi ini pertama kali dicetuskan oleh Isaac Newton setelah melakukan percobaan menguraikan cahaya matahari dengan menggunakann prisma. Yang aneh adalah soal definisi warna nilai (indigo) itu. Tidak ada yang tahu pasti, ini warna macam apa. Yang dimaksud Newton mungkin adalah warna antara biru dan ungu, tapi kenapa dia tidak mendefinisikan warna antara merah dan jingga, atau antara hijau dan biru ? Ada kemungkinan alasan Newton untuk menetapkan ketujuh warna ini adalah agar sesuai dengan jumlah not pada musik yang juga berjumlah tujuh (do-re-mi-fa-sol-la-si-do). Alasan sesungguhnya mungkin hanya diketahui oleh Newton yang sayangnya saat ini sudah meninggal dan dikubur di Westminster Abbey.


Secara fisika, pelangi tersusun dari segala macam warna yang bisa dilihat oleh mata manusia. Untuk mudahnya, kita bisa menyebut bahwa pelangi tersusun atas warna-warni dengan rentang panjang gelombang antara 400 hingga 700 nm.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...